Hey, Guys! Sudah tau belum negara-negara dengan biaya kuliah termurah sedunia? Ini dia nih informasinya, dibaca sampai habis, ya!

Norwegia

Negara dengan Biaya Kuliah Murah yang pertama adalah Norwegia. Negara yang dinobatkan sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia ini, ternyata juga menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah yang paling murah! Di Norwegia, segala biaya pendidikan di tingkat apapun dan bagi siapapun ditanggung oleh pemerintah. Kamu hanya perlu membayar uang administrasi sebesar NOK 600 atau Rp 1 juta per semester.

Beberapa pilihan universitas di Norwegia

  1. University of Oslo
  2. University of Agder
  3. University of Nordland

Baca juga: Beasiswa Fully Funded Bidang Sustainable Energy: Education for Sustainable Energy Development (ESED) Scholarship

Jerman

Negara dengan Biaya Kuliah Murah yang Selanjutnya adalah Jerman. Sama seperti Norwegia, Pemerintah Jerman juga memberikan subsidi yang cukup besar untuk biaya pendidikan. Hal ini berlaku untuk mahasiswa lokal maupun internasional. Untuk biaya kuliah jatuh di angka Rp 7-8,5 juta per tahun saja, lho! Kamu juga tidak perlu khawatir perihal bahasa karena mayoritas universitas di Jerman memberikan program kuliah berbahasa Inggris.

Beberapa pilihan universitas di Jerman

  1. University of Munich
  2. University of Bonn
  3. Heidelberg University

Taiwan

Negara dengan Biaya Kuliah Murah yang selanjutanya adalah Taiwan. Sudah tahu belum bahwa negara Asia ini juga termasuk ke dalam daftar negara dengan biaya kuliah termurah, loh! Pemerintah Taiwan sedang fokus mempromosikan program pendidikan terjangkau bagi mahasiswa internasional, sehingga biaya kuliah untuk program sarjana dan magister hanya berkisar di angka Rp 25-30 juta.

Beberapa pilihan universitas di Taiwan

  1. National Tsing Hua University
  2. National Taiwan University

Malaysia

Negara dengan Biaya Kuliah Murah yang Selanjutnya adalah Malaysia. Masih berkutat di kawasan Asia, ternyata negara yang berdekatan dengan Indonesia ini juga termasuk ke daftar negara dengan biaya kuliah termurah. Kisaran biaya kuliah di Malaysia berada di antara Rp20-40 juta per tahun. Ditambah lagi, Malaysia juga terkenal sebagai negara dengan biaya hidup yang relatif murah. Sehingga pengeluaran biaya selama kuliah pun masih terbilang ringan.

Beberapa pilihan universitas di Malaysia

  1. Universiti Malaya
  2. Universitas Teknologi Malaysia
  3. Universitas Putra Malaysia