Tempat yang Aman

Jepang termasuk ke dalam sepuluh besar negara paling aman di dunia menurut Global Peace Index (GPI) dan Nationmaster. Tingkat kejahatan serta kekerasan yang rendah, didukung dengan sistem perawatan kesehatan canggih, menjadikan Jepang tempat yang ideal bagi kamu untuk menempuh studi.

Standar Pendidikan yang Tinggi

Tahukah kamu bahwa jepang adalah rumah bagi pemenang Nobel terbanyak di Asia? Ya, Negeri Sakura yang satu ini telah mencetak sebanyak 24 Penghargaan Nobel. Jepang juga memiliki lebih dari 700 universitas dengan 10 di antaranya termasuk ke dalam 200 besar universitas teratas dunia. Oleh karena itu, kualitas pendidikan di Jepang sudah tidak perlu diragukan lagi. Menimba ilmu di Jepang memang kerap menjadi hal yang didamba anak bangsa.

Kesempatan Kerja

Pada tahun 2015 lalu, pemerintah Jepang membuat satu kebijakan yang bertujuan membantu mahasiswa internasional untuk meniti karir di Jepang. Informasi-informasi perihal magang dan lowongan kerja khusus bagi mahasiswa internasional disebar luas di berbagai universitas. Perusahaan-perusahaan besar juga membuka banyak sekali lowongan bagi mahasiswa internasional, khususnya di bidang IT, teknik, perbankan, dan pendidikan. Maka dari itu, kesempatan kerja terbuka luas bagi kamu yang berhasil berkuliah di sana!

Bahasa dan Budaya

Jepang juga memiliki kekayaan budaya dan bahasa yang begitu menakjubkan. Mulai dari ramah-tamah, makanan, kesenian hingga ilmu bela diri Jepang sangat layak untuk kamu jelajahi. Jika berkuliah di sana, kamu bisa secara langsung merasakan dan mendalami kebudayaan-kebudayaan tersebut. Kamu juga bisa memperluas wawasan dengan mempelajari bahasa dan aksara Jepang.

Bantuan Keuangan

Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa internasional yang ingin menempuh studi di Jepang. Dari yang berupa potongan biaya hingga yang menunjang segala kebutuhan pun tersedia. Bahkan, dua divisi pemerintahan Jepang, yakni Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) serta Japan Student Services Organization (JASSO) membuka beasiswa fully funded bagi para pelajar internasional untuk kuliah di universitas unggulan di Jepang. Jadi, tunggu apa lagi?

Berikut adalah rekomendasi beasiswa bagi kamu yang ingin kuliah di Negeri Sakura

1. Mitsui-Bussan Scholarship (www.mbkscholarship-id.com)

2. Beasiswa Monbukagakusho (www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2021.html)

3. Beasiswa ABP Shizuoka (www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/)

4. Beasiswa ADB-JSP (www.adb.org/site/careers/japan-scholarship-program/main)

5. Beasiswa Ajinomoto (www.ajinomoto.co.id)