Skor IELTS 7 tentu menjadi skor yang diinginkan banyak orang. Pasalnya, dalam sistem penilaiannya, IELTS menggunakan sistem band skor dengan skala 1 (rendah) sampai 9 (tertinggi). Penilainnya-pun menggunakan sistem pembulatan ke atas tiap 0,5 poin. Misalnya Anda mendapatkan skor 4,4, maka skor Anda akan dibulatkan menjadi 4,5, sedangkan jika skor yang diperolah adalah 6,75 maka skor akan dibulatkan menjadi 7.

Mendapatkan SKOR IELTS 7

Tes IELTS sendiri dibagi menjadi dua format berdasarkan kebutuhan penggunaannya. Pertama, format akademik yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin belajar di institusi pendidikan. Kedua, format pelatihan umum, diperuntukkan bagi Anda yang ingin bekerja di institusi kerja atau kepentingan lain selain pendidikan. Perbedaan diantara 2 format tersebut ialah pada tes membaca dan menulis, tujuannya untuk menyesuaikan dengan orientasi peserta tes.

Terdapat 4 bagian yang akan diujikan pada tes IELTS, yakni listening, reading, writing, dan speaking. Untuk dapat meraih skor yang tinggi pada setiap bagian tentu dibutuhkan cara atau strategi untuk mendapatkannya. Berikut 5 langkah mendapatkan skor IELTS 7 secara umum :

1. Buat Study Plan

Membuat study plan ini akan membantu Anda untuk berkomitmen pada proses belajar persiapan IELTS Anda. Misalnya hari ini ingin menguasai listening part 1, maka dalam satu hari ini Anda harus berusaha keras untuk merealisasikannya. Pada hari berikutnya Anda bisa merencanakan untuk menguasai listening part 2, begitu seterusnya. Study plan ini juga akan membantu proses belajar Anda supaya berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga Anda tidak membuang-buang waktu.

Baca juga : Skor Tinggi pada Listening IELTS

2. Gunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari

Ubah kebiasaan sehari-hari Anda dengan melibatkan bahasa Inggris didalamnya. Gunakan bahasa Inggris dalam membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Tambahkan durasi atau intensitas dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya, jika biasanya Anda membaca 1 artikel dalam 1 hari, maka tambahlah jumlah artikel dan sumber yang Anda baca. Dengan begitu, vocabulary yang Anda dapat tiap harinya akan selalu bertambah.

Baca juga : Tips Mendapatkan Skor Tinggi pada Reading IELTS

Pada kegiatan mendengarkan Anda bisa mulai berlatih dengan mendengarkan musik, perhatikan spellingnya dengan teliti. Anda juga bisa berlatih dengan menuliskan transkrip video-video dari youtube atau audio lain. Mulailah menulis jurnal atau diary, serta catatan lain menggunakan bahasa Inggris dengan grammar yang tepat. Biasakan berbicara dalam bahasa Inggris, jika tidak menemukan lawan bicara Anda bisa bicara sendiri seolah-olah memainkan peran 2 orang yang sedang berdiskusi.

3.  Cari sampel jawaban sesuai band score target

Pastikan sebelum mengikuti ujian IELTS Anda memiliki target skor yang harus dicapai. Target skor ini bisa target per-section (listening, reading, writing, speaking) atau overall band skore. Mencari sampel jawaban yang sesuai dengan band score target akan membantu Anda untuk mempelajari kriteria yang diperlukan untuk mendapatkan band score tertentu.

4. Ketahui assessment criteria

Kriteria penilaian pada tiap bagian tes berbeda-beda, sehingga perlu Anda ketahui supaya pada bagian-bagian tersebut Anda lebih berhati-hati. Pada bagian writing kriteria penilaiannya antara lain, pencapaian tugas, koherensi dan kohesi, sumber daya leksikal, dan rentang serta akurasi tata bahasa. Kriteria penilaian pada bagian speaking ialah kefasihan dan koherensi, sumber leksikal, tata bahasa, dan pengucapan. Dengan mengetahui dan memahami tiap bagiannya Anda akan lebih mudah mendapatkan skor IELTS yang tinggi.

Baca juga :

5. Berlatih mengerjakan soal-soal IELTS

Latihan mengerjakan soal disini bukan sekedar menjawab soal kemudian selesai, melainkan buatlah kondisi menyerupai tes IELTS yang sungguhan. Waktu pengerjaan sesuaikan dengan waktu ujian resminya, listening tanpa pengulangan, dan bagian lain yang tidak memakan waktu lebih dari durasi. Pada bagian speaking minta tolong-lah pada orang lain menjadi inteviewer untuk Anda.

 

Itulah 5 cara mendapatkan skor IELTS 7 yang mungkin bisa Anda terapkan dalam belajar persiapan ujian IELTS Anda. Anda juga bisa mempersiapkan ujian IELTS dengan mengikuti kursus di Titik Nol English Course > titiknolenglish.com. Follow juga Instagram Titik Nol English Course > @titiknolenglish

 

Baca juga : 5 Cara Memilih Kursus IELTS