Belajar IELTS menjadi hal yang sangat penting bagi Anda yang sedang mempersiapkan ujian IELTS. Sebelum Anda mulai belajar IELTS pastikan Anda mempunyai tujuan yang jelas untuk apa Anda mengikuti ujian IELTS. Selanjutnya, cari tahu mengenai seluk beluk ujian IELTS, baik materi-materi yang akan diujikan maupun sistem penilaiannya. Mengetahui materi beserta sistem penilaiannya membantu Anda untuk menentukan target sesuai kebutuhan Anda.

Belajar IELTS Gratis

Selain dengan mengikuti kursus persiapan IELTS, Anda juga dapat belajar mandiri melalui buku-buku IELTS maupun website-website yang menyediakan pembelajaran IELTS. Belajar IELTS gratis bahkan bisa Anda dapatkan melalui website-website yang menyediakan pembelajaran IELTS gratis. Berikut 5 website belajar IELTS gratis yang bisa Anda akses:

1. ielts.idp.com

Pada website ini terdapat menu prepare yang didalamnya memuat speaking, writing, reading, listening, dan lain-lain. Dari masing-masing materi tersebut terdapat penjelasan mengenai mekanisme ujian bagian tersebut. Misalnya bagian writing, terdiri dari writing task 1 dan writing task 2, keduanya dijelaskan dengan detail pada website ini. Didalamnya juga terdapat video pembelajaran lengkap dengan strategi untuk mendapatkan skor pada band tertentu ditiap bagian materi ujiannya.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku IELTS

2. english-exam.org

Menu-menu yang terdapat pada website ini diantaranya ialah listening sample for IELTS, vocabulary for IELTS, grammar for IELTS, preparing for IELTS, listening, dan speaking. Diawal website ini terdapat penjelasan mengenai apa itu IELTS, ujian IELTS lengkap dengan bahan atau materi ujian beserta durasi pengerjaannya. Dari masing-masing bagian yang diujikan terdapat materi prepare dan juga sample exam lengkap yang disediakan oleh website ini. Pada bagian speaking bahkan tersedia banyak topik yang dilengkapi dengan contoh pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk berlatih speaking.

3. ieltsbuddy.com

Website ini menyediakan pembelajaran beserta latihan soal pada tiap bagian. Baik itu bagian writing, speaking, reading, ataupun listening. Tidak hanya itu, website ini juga memberikan test yang berisi soal-soal latihan yang bisa Anda kerjakan. Jumlah latihan soalnya-pun sangat banyak dan beragam topiknya. Menu vocabulary pada website ini juga tersedia dengan berbagai macam topik seperti academic word list, idioms, collocation, dan lain-lain.

4. ielts-simon.com

Website ini mungkin terlihat lebih sederhana dibandingkan website-website diatas. Berisi penjelasan singkat mengenai ujian IELTS, dan latihan soal sesuai materi bahan ujian. Dari tiap soal latihan tersebut terdapat review permasalahan yang mungkin terjadi ketika ujian berlangsung dan juga tips untuk menghadapinya.

5. ielts-mentor.com

Website menjelaskan secara keseluruhan apa saja yang akan menjadi materi ujian dan durasi pengerjaannya. Masing-masing bagian juga tersedia contoh soal beserta jawaban yang dapat Anda gunakan sebagai bahan belajar atau praktek ujian. Bahkan, pada bagian speaking terdapat banyak sekali contoh topik yang mungkin diujikan beserta pertanyaan dan contoh jawabannya. Website ini juga menyediakan IELTS mock test, yakni latian test yang kondisinya sama dengan ujian aslinya, seperti durasi pengerjaan dari tiap bagian yang tidak boleh melebihi dari yang telah ditentukan.

Baca juga : 5 Cara Memilih Kursus IELTS

Nah itu tadi 5 website belajar IELTS gratis yang bisa Anda akses untuk menunjang proses belajar IELTS Anda. Belajar IELTS secara mandiri mungkin memiliki beberapa keuntungan diantaranya hemat biaya, dan waktu belajar yang bisa disesuaikan. Namun, ketika ada kesulitan didalam belajar Anda mungkin juga akan kesulitan mencari seseorang yang dapat menjelaskannya kepada Anda. Jadi, pastikan sistem belajar yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa belajar bahasa Inggris dan mengikuti kursus IELTS di Titik Nol English Course > titiknolenglish.com. Follow Instagram Titik Nol English Course > @titiknolenglish untuk mendapatkan informasi update seputar kursus IELTS.