Belajar TOEFL di era sekarang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Seberapa jauh kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris dapat diukur dari besar skor TOEFL yang dimiliki, dibuktikan dengan sertifikat TOEFL. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut seseorang harus mengikuti ujian TOEFL terlebih dahulu. Sebelum mengikuti ujian, belajar TOEFL tentu sangat dibutuhkan.

Website Belajar TOEFL Gratis

Sayangnya, tak jarang diantara kita belum bisa melakukannya karena terkendala suatu hal, baik biaya ataupun waktu. Meskipun begitu, kita harus tetap belajar TOEFL untuk mempersiapkan ujian TOEFL dan mendapatkan sertifikat. Belajar TOEFL gratis bisa menjadi solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Memang, penyedia layanan belajar TOEFL gratis tidak sebanyak layanan belajar TOEFL yang berbayar. Akan tetapi, adanya website belajar TOEFL gratis akan sangat membantu kita. Sehingga kita bisa belajar TOEFL kapan aja dan di mana aja. Berikut 5 website belajar TOEFL gratis yang bisa Anda akses dengan mudah:

1. Learn4good.com

Website ini menyediakan berbagai macam pembelajaran dan informasi. Salah satu fasilitas pembelajaran yang disediakan ialah bahasa Inggris, termasuk grammar, TOEFL, latihan, tes online, dan lain-lain. Dalam website ini dijelaskan secara detail mengenai TOEFL, khususnya IBT. Penjelasannya meliputi tujuan tes, cara penilaian, jumlah soal pada setiap sesi, dan waktu pengerjaan tes.

Pada website learn4good.com terdapat berbagai macam materi  TOEFL dan soal latihan dengan topik tertentu. Informasi lain yang disediakan diantaranya ialah kursus dan sekolah bahasa di berbagai negara. Bahkan, daftar universitas di berbagai negara juga ada. Semua materi, latihan soal, dan informasi penting lainnya tersebut bisa Anda akses dan dapatkan secara gratis.

Baca juga : Daftar Universitas Terbaik di Jerman

2. Examenglish.com

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan ujian bahasa Inggris, maka website ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Terdapat berbagai macam latihan soal untuk ujian IELTS, TOEFL, TOEIC yang bisa diakses secara gratis. Berbeda dengan website yang sebelumnya, pembahasan pada website ini mencakup TOEFL IBT dan TOEFL PBT. Penjelasannya meliputi perbedaan diantara keduanya, lokasi dan biaya ujian, dan yang pasti latihan soal-soal sesuai dengan aspeknya.

Dari setiap aspek materi yang akan diujikan, reading, speaking, dan listening terdapat lebih dari 5 soal latihan yang dapat Anda kerjakan. Website ini juga memberikan tips untuk listening dan reading. Dengan demikian, bagi Anda yang telah mempelajari semua materi TOEFL tidak ada salahnya untuk latihan soal dari website ini.

3. Engvid.com

Website ini berisi video-video pembelajaran dengan berbagai macam jenis topik seputar bahasa Inggris. Topik-topiknya meliputi IELTS, TOEFL, TOEIC, grammar, expressions, speaking, slang, pronunciation, dan masih banyak lagi. Terdapat 10 teachers yang akan mengajarkan topik-topik tersebut sesuai dengan keahliannya. Pada website ini, sebelum melihat videonya kita bisa menentukan topik dan pengajar yang kita inginkan sesuai bidangnya. Jadi, tidak semua pengajar mengajarkan semua topik yang tersedia.

Bagi Anda yang memiliki kecenderungan audio visual, mungkin website ini akan membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris, khususnya TOEFL. Namun, bagi Anda yang pembelajar pemula mungkin akan sedikit bingung karena materi TOEFL disampaikan oleh beberapa pengajar. Sehingga Anda perlu memastikan terlebih dahulu topik apa yang ingin Anda pelajari. Video-video pembelajaran dalam website ini dapat Anda akses secara gratis.

4. Toeflibtcourse.com

Pada website ini tersedia latihan soal-soal terkait dengan aspek ujian TOEFL. Dari tiap bagian aspek bahan ujian TOEFL terdapat beberapa soal latihan yang dapat kita kerjakan dalam waktu tertentu. Bagian reading terdiri dari 39 soal yang harus kita selesaikan dalam waktu 1 jam. Listening terdiri dari 34 soal yang harus kita selesaikan dalam waktu 45 menit.

Sementara itu, pada bagian speaking kita akan diminta untuk merespon 2 percakapan dengan topik akademik. Sedangkan pada bagian writing kita diuji merangkai kata dalam bahasa Inggris. Selain itu, website ini juga menyediakan latihan tes online yang memuat keseluruhan aspek.

5. 4tests.com

Website ini berisi latihan ujian online, baik untuk pendidikan, komputer ataupun profesional. Pada latihan ujian untuk pendidikan salah satunya terdapat latihan untuk TOEFL. Soal latihan TOEFL yang disediakan website ini terdiri dari 3 bagian listening, dan 1 bagian untuk reading dan structure. Adapun jumlah soalnya ialah 31 soal listening part 1, 10 soal listening part 2, dan 12 soal listening part 3. Latihan soal untuk bagian reading terdiri dari 28 soal dan 30 soal untuk bagian structure.

Disamping itu, website ini juga menjelaskan dengan cukup detail mengenai tujuan TOEFL serta bagian atau aspek yang diujikan beserta waktu pengerjaannya. Mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan juga dijelaskan dalam website ini. Tidak hanya itu, terdapat juga tips mengahadapi ujian TOEFL.

Baca juga : 5 Langkah Mendapatkan Skor TOEFL 550

Itulah 5 website belajar TOEFL gratis yang bisa Anda akses untuk mempersiapkan ujian TOEFL yang akan Anda hadapi. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris dan TOEFL dari dasar dengan biaya yang murah, Anda bisa Belajar bahasa Inggris di sini > titiknolenglish.com. Follow Instagram Titik Nol English Course > @titiknolenglish untuk mendapatkan update seputar bahasa Inggris, TOEFL, dan beasiswa luar negeri

Baca juga :