Semakin kita bertanya pada diri sendiri semakin kita gak dapet jawabannya kan guys??  Kezel  ya….

Kita perlu banget mengukur kemampuan bahasa Inggris kita sendiri untuk melihat seberapa jauh kekurangan kita dengan target yang kita tentukan. Biar benar-benar jadi international people, target kita tentu bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa Inggris.

Berikut ini Minol rangkum ya guys cara mengukur bahasa Inggris diri sendiri dari masing-masing part dalam bahasa Inggris….

 

  1. Listening

Tonton vlog berbahasa Inggris, seperti PewDiePie atau Crash Course tanpa subtitle. Kamu juga bisa membuat rangkuman dalam bahasa inggris tentang tema apa yang sedang Vlogger bahas.  Kalau kamu bisa memahami semua yang dibicarakan dan bisa merangkum dengan baik, atau bahkan bisa menirukan gaya bahasa si Vlogger. Selamat.  artinya listening kamu sudah seperti native speaker.

 

 

  1. Reading

Jika kalian ingin menguasai  bahasa Inggris, kalian harus banget rajin membaca artikel berbahasa Inggris. Mulai sekarang coba baca artikel yang diterbitkan oleh bbc.com atau nytimes.com.  Jika  kamu konsisten membaca setiap hari bukan hanya kemampuan membaca dalam bahasa Inggrismu saja yang meningkat, namun isu-isu dunia juga bakal nyangkut di kepalamu.  Kalau kamu bisa memahami sebagian besar yang ditulis, artinya reading kamu cukup bagus.

 

  1. Speaking

Sebelum kamu memulai menerapkan kebiasaan beerbahasa Inggris, ada baiknya kamu mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari.  Seperti gunakan kata-kata tunjuk, kata ganti, atau benda yang ada di sekitarmu. Kamu juga bisa ceritakan aktivitasmu dalam sehari dengan menggunakan bahasa Inggris dan rekam dengan Handphone. Dengarkan rekamannya, apakah banyak jeda karena gak tau kosa katanya? Kalau iya, kamu masih perlu banyak belajar dan berlatih.

 

 

  1. Writing

Jika kamu rasa kosa kata bahasa Inggrismu sudah banyak, cobalah untuk konsisten menulis diarymu setiap hari dalam bahasa Inggris. Kemudian, coba diskusikan dengan temanmu apakah dalam tulisanmu itu sudah benar pemilihan kosa katanya dan juga grammarnya. Jika penulisanmu sudah sesuai grammar dan pemilihan kosa katanya lumayan bagus, selamat kamu sudah di jalan yang tepat.

Nah, kira-kira sudah sampai mana nih kemampuan bahasa Inggrismu?