Pada abad ke-5 Masehi  tiga suku dari Jerman yaitu suku Angles, Saxon dan Jutes menyerang Inggris. Suku-suku tersebut mereka menyeberangi Laut Utara yang sekarang adalah Denmark dan Jerman Utara.

Pada waktu itu penduduk Britain berbicara satu bahasa Celtic. Tapi sebagian besar penutur Celtic didorong ke Barat dan utara oleh penjajah-terutama ke Wales, Skotlandia dan Irlandia.

The Angles berasal dari  “Englaland ” [sic] dan bahasa mereka disebut “Englisc ” begitulah awal mula Sejarah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris kuno (450-1100 m)

Asal usul bahasa inggris dimulai dari Bahasa Inggris kuno yang diucapkan sampai sekitar tahun 1100. Pada waktu itu Suku Jermanik yang menyerang  inggris berbicara dengan bahasa yang sama. Suku Jermanik di Britania berkembang menjadi apa yang sekarang kita sebut bahasa Inggris kuno.

Bahasa Inggris kuno tidak terdengar seperti bahasa Inggris di hari ini bahkan Punutur asli bahasa Inggris sekarang akan kesulitan memahami bahasa Inggris kuno.

Namun demikian, sekitar setengah dari kata yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris modern memiliki akar bahasa Inggris Kuno.  

 

Asal usul bahasa inggris abad pertengahan (1100-1500)

Asal usul bahas inggris selanjutnya Pada tahun 1066, William (bagian dari Perancis modern), menyerbu dan menaklukkan Inggris. Penakluk ini menjadikan bahasa Perancis menjadi bahasa Istana, bahasa penguasa dan bahasa bagi para Pebisnis.

Pada periode ini terdapat semacam pembagian kelas linguistik, di mana kelas yang lebih rendah berbicara dengan bahasa Inggris dan kelas yang lebih tinggi berbicara dengan bahasa Prancis.

Pada abad ke-14 bahasa Inggris menjadi bahasa yang dominan di Britania, tetapi masih banyak kata bahasa Perancis yang ditambahkan. Bahasa ini disebut bahasa Inggris pertengahan dan bahasa ini masih sulit dipahami bagi penutur asli bahasa Inggris.

 

Asal usul Bahasa Inggris modern awal (1500-1800)

Asal usul bahas inggris juga dimulai Sejak abad ke-16, Inggris telah berhubungan dengan banyak orang dari seluruh dunia. hal ini menjadi pengaruh besar bagi pengucapan bahasa inggris, terbukti menjelang pada akhir masa bahasa Inggris pertengahan, perubahan pengucapan pun dimulai. Perubahan pengucapan menjadi berbeda (Great vowel Shift) dengan vokal yang diucapkan menjadi lebih pendek.

Dunia media cetak juga membawa Standardisasi ke bahasa Inggris. Ejaan dan tata bahasa menjadi tetap dengan dialek London, di mana kebanyakan rumah penerbit, menjadi standar Bahasa. Pada 1604, Kamus bahasa Inggris pertama diterbitkan.

Asal usul bahasa inggris Akhir modern Inggris (1800-sekarang)

Asal usul Perbedaan utama antara bahasa Inggris modern awal dan bahasa Inggris modern akhir adalah Kosakata. bahasa Inggris modern akhir memiliki lebih banyak kata, yang timbul dari dua faktor utama: pertama, revolusi industri dan teknologi yang menciptakan kebutuhan untuk kata baru; kedua, Kekaisaran Inggris pada puncaknya meliputi seperempat dari permukaan bumi, dan bahasa Inggris mengadopsi kata-kata asing dari berbagai negara.

 

mau lebih tau tentang bahasa inggris klik disini