Percaya atau Tidak Orang Indonesia Lemah dalam Writing IELTS?

Orang Indonesia biasanya memang lemah di writing, Jadi biasanya skor writingnya memang lebih rendah dibanding skor pada komponen-komponen lain”.

-Farida Limbong, Senior Business Development Manager (Examinations Services) at British Council-

 

Menurut data IALF tahun 2018, rata-rata nilai Writing IELTS orang Indonesia hanya 5,67, lebih rendah dibanding komponen lain seperti Speaking yang rata-rata 6,28.

Padahal jika menelusuri fungsinya, kemampuan writing ini sangat diperlukan baik oleh kalangan mahasiswa yang akan berkuliah ke luar negeri atau pun kalangan profesional untuk menulis report, di samping kemampuan speaking yang penting untuk berkomunikasi.

 

Bagaimana Caranya Meningkatkan Kemampuan Writing IELTS?

Sebelum kita membahas cara meningkatkan kemampuan Writing IELTS, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana kriteria penilaian writing test IELTS. Writing test pada IELTS terbagi menjadi dua yaitu Writing Task 1 dan Writing Task 2. Keduanya memiliki empat kategori penilaian, yaitu task achievementcoherence & cohesion, lexical resource, dan grammatical range and accuracy.

 

Berikut ini cara jitu untuk meningkatkan Kemampuan Writing IELTS

  1. Banyak membaca.

Membaca akan sangat membantu kamu untuk membuka wawasan tentang isu-isu dunia. Membaca akan banyak meningkatkan vocabulary, grammar, dan akan membantu kamu untuk lebih baik dalam menguasai berbagai gaya bahasa.

 

 

  1. Banyak membuat review artikel

Setelah kamu banyak membaca artikel Bahasa Inggris, cobalah untuk mereviewnya dengan menggunakan beberapa Teknik paraphrasing dan menerapkan grammatical yang benar. Maka kecepatan dan kepekaan menulismu akan semakin terlatih.

 

  1. Berdiskusi dengan teman

Berdiskusi dengan teman sangatlah penting dalam proses peningkatan kemampuan writing IELTS, karena semakin banyak kamu berdiskusi tentang isu-isu actual dan up to date, maka secara otomatis kepekaan mu dalam menulis akan meningkat dengan cepat.

 

  1. Terakhir, jika kamu tipe orang yang cara belajarnya membutuhkan bimbingan, kami bisa mengikuti beberapa kelas kursus khususnya untuk Writing IELTS ini. Dengan kursus persiapan Writing IELTS, kamu tidak hanya akan dibimbing memahami dasar-dasar menulis yang baik memakai tolok ukur yang digunakan di official IELTS test, tapi juga ditunjukkan bagian-bagian mana dalam tulisanmu yang bisa ditingkatkan. Buat teman-teman yang masih bingung mencari informasi mengenai kursus persiapan IELTS dari Nol hingga mahir bias cek disini ya.. https//online.titiknol.com