Beasiswa-beasiswa ini memprioritaskan daerah khusus di Indonesia. Biasanya tujuan utama dari daerah prioritas adalah meningkatkan sumber daya manusia yang bisa membangun wilayah-wilayah tersebut. Tak jarang beasiswa ini datang dari pemerintah lokal provinsi itu sendiri atau dari lembaga-lembaga yang peduli terhadap pembangunan berkelanjutan.

Kamu atau kerabat kamu ada yang termasuk wilayah prioritas beasiswa-beasiswa berikut? Kalau iya, jangan lupa baca dan share informasinya ya!

Australia Awards Scholarship

Beasiswa AAS baru aja memperpanjang deadline pendaftaran nih, Sobat Titiknol! Selain benefitsnya yang lengkap, ternyata beasiswa dari Pemerintah Australia ini juga memiliki area fokus yang dijadikan prioritas lho. Area tersebut termasuk Aceh, NTT, NTB, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Nah, jika kamu berasal dari daerah prioritas tersebut, kesempatan kamu untuk mendapat beasiswa tentu lebih besar. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!

Informasi lengkap:

www.australiaawardsindonesia.org

Beasiswa Nusa Tenggara Barat

Beasiswa ini termasuk ke dalam program unggulan Pemerintah Provinsi NTB. Tiap tahunnya, beasiswa ini memberangkatkan hingga 1000 mahasiswa/i berprestasi asal NTB untuk berkuliah di luar negeri. Terbagi menjadi tiga jenis, yakni beasiswa fully funded, parsial, dan tunjangan short course, beasiswa NTB masih dibuka hingga tanggal 10 Mei 2021 nih. So, tunggu apa lagi? Yuk langsung kepoin informasi lengkapnya!

Link:

https://www.ntbprov.go.id/program-unggulan-ntb/beasiswa-ntb

New Zealand Scholarship

Beasiswa yang satu ini memang kerap diperebutkan para scholarship hunter. Selain benefits yang lengkap, persyaratan beasiswa New Zealand juga dinilai lebih bersahabat. Salah satu yang menjadi keistimewaan beasiswa ini adalah NZ Scholarship memiliki kategori prioritas bagi pelamar yang berasal dari Indonesia Timur, yakni NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Maka, jangan sia-siakan kesempatan kamu, ya!

Link

www.nzscholarships.govt.nz

DAAD-Aceh Scholarships of Excellence

Tak hanya Indonesia Timur, ada kabar baik nih buat teman-teman dari Aceh yang ingin study abroad ke Eropa! Beasiswa ini adalah bentuk kerja sama BPSDM Aceh dengan DAAD guna memberangkatkan putra/putri terbaik Aceh untuk kuliah pascasarjana di Jerman. Etis… tapi beasiswa ini ditujukan untuk beberapa bidang saja, ya, seperti Teknik, Pertanian, Sains, Kebencanaan, dan beberapa bidang lainnya.

Link

https://www.daad.id/en/2019/02/21/daad-aceh-scholarships-of-excellence-for-master-now-open/

LPDP Beasiswa Indonesia Timur

Beasiswa LPDP sudah pasti gak asing lagi buat para sobat titiknol, beasiswa resmi dari pemerintah Indonesia ini memang tiap tahunnya kerap dijadikan rebutan. Ternyata, beasiswa LPDP juga punya program khusus untuk para penduduk asli Indonesia Timur, lho, tepatnya bagi penduduk Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, maupun NTT. Beasiswa ini biasa dibuka pada bulan Juli hingga September.

Link

https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/beasiswa-indonesia-timur