Hello Tners apakah kampus impianmu ada di Belanda?

Yuk simak kampus impian semua orang di Belanda berikut ini!

Siapa tahu setelah jalan-jalan virtual ini kamu bener-bener berada di sana, nanti.

 

  1. WAGENINGEN UNIVERSITY

Udah pada familiar kan dengan nama kampus ini? Yap, setidaknya ada lebih dari 400 mahasiswa Indonesia yang belajar di sana menggunakan beasiswa LPDP. Universitas ini unggul dibidang Agriculture dan Forestry-nya, terbukti pada tahun 2016 Wageningen University menduduki peringkat pertama di QS World Ranking by subject agriculture and forestry.

Untuk mahasiswa Indonesia sendiri, terdapat beberapa skema beasiswa yang bisa diajukan jika kalian ingin melanjutkan studi di Wageningen University. Kalian bisa mengajukan beasiswa melalui LPDP, StuNED, Orange Knowledge Program (OKP), dan juga rekomendasi beasiswa dari kampus. Silahkan mencoba ya!

 

  1. DELFT UNIVERSITY OF TECHNOLOGY

Kampus yang satu ini merupakan kampus teknologi terbesar dan tertua di Belanda. Kalau Wageningen menduduki peringkat pertama di bidang Agriculture dan Forestry, kampus ini juga menduduki peringkat pertama di QS World Ranking di subject Teknologinya. Bahkan, secara keseluruhan pada tahun ini Delft University of Technology menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Belanda. Konon pada masa-masa awal pendirian Institut Teknologi Bandung (dulu Technische Hoogeschool te Bandoeng), pengajarnya dari kampus ini.

 

  1. UNIVERSITY OF AMSTERDAM

Amsterdam merupakan salah satu kota pelajar terbaik di Eropa loh! Kota Amsterdam mendapat predikat sebagai kota kombinasi sempurna yang mana kalian dapat merasakan sensasi tinggal di kota besar namun tetap mendapat ambience hidup di kota kecil. Kalian akan merasa nyaman hidup di pusat kota dengan ketenangan layaknya hidup di kota kecil. Menarik bukan? Selain itu, University of Amstedam sendiri sempat menduduki predikat sebagai universitas terbaik di Belanda pada tahun 2018 loh!

 

  1. LEIDEN UNIVERSITY

Leiden University merupakan universitas tertua di Belanda yang didirikan pada tahun 1575. Universitas ini menghasilkan banyak alumni yang brilian, salah satunya Albert Einstein. Anggota Kerjaan, politisi Belanda, para filsuf, bahkan tokoh-tokoh awal Indonesia seperti Sutan Syahrir dan Sultan Hamengkubuwana IX juga berkuliah di Leiden.

Bagi yang ingin mendalami ilmu hukum, Leiden University menjadi pilihan yang tepat. Konon kampus ini memiliki ratusan pakar hukum di berbagai bidang seperti Institute of Public LawConstitutional and Administrative Law, Labour LawInternational Institute of Air & Space Law IIAS dan Institute of Imigration Law. Selain itu, Institute of Private LawInstitute for the Interdisciplinary Study of the Law, dan hukum kriminologi adalah yang paling diminati. Kampus ini juga dikenal sebagai salah satu pusat studi Indonesia, selain karena banyak ahlinya, juga banyak arsip tentang kita yang tersimpan dengan rapi di perpusnya.