Pengen kuliah di luar negeri tapi bingung jurusan apa? Nah, mungkin jurusan-jurusan yang Indonesia banget ini bisa kamu jadikan pilihan!

Vulkanologi

Vulkanologi merupakan studi tentang gunung berapi, lava, magma, maupun fenomena geologi yang berhubungan. Ilmu ini biasanya berada bawah departemen Geologi atau Geofisika. Jurusan ini tentu memiliki potensi tinggi di Indonesia, negara dengan gunung-gunung vulkanik paling aktif sedunia. Salah satu universitas yang memiliki jurusan ini adalah University of Washington, Amerika Serikat. Untuk berkuliah di Amerika dengan gratis, kamu bisa apply beasiswa Fulbright.

Info lengkap kunjungi

www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/

Indonesian Studies

Dari namanya saja, sudah cukup jelas bahwa jurusan ini Indonesia banget! Di beberapa kampus, jurusan ini fokus mempelajari bahasa dan budaya Indonesia, tapi di kampus lain jurusan ini meneliti kondisi social, politik, dan ekonomi negara kita.

Salah satu universitas yang memiliki program Indonesian Studies adalah University of Sydney, Australia. Keren banget! Nah, jika kamu penasaran kamu bisa apply beasiswa Australia Awards Scholarship. Cek informasi lengkap tentang beasiswa ini di www.australiaawardsindonesia.org/

Ilmu Perikanan dan Kelautan

Pada umumnya Ilmu Perikanan dan Kelautan lebih merujuk pada pemuliaan serta panen tanaman air dan hewan air untuk tujuan komersial. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia adalah rumah bagi lautan luas dan ribuan spesies ikan yang hidup di dalamnya. Maka, mengemban pendidikan di bidang ini tentu menjadi pilihan yang ideal untuk anak bangsa. Ilmu ini dibuka di California State University. Untuk berkuliah di sana, kamu juga bisa apply melalui beasiswa Fulbright.

Sustainable Energy

Sustainable Energy adalah ilmu yang mempelajari cara-cara serta inovasi untuk menghadapi tantangan yang berhubungan dengan krisis energi. Selain memiliki minyak bumi yang melimpah, negara kita tercinta juga memiliki banyak potensi energy terbarukan, seperti air, angin, cahaya matahari, dan panas bumi. Maka dari itu, anak Indonesia wajib belajar di jurusan ini. Banyak universitas ternama, seperti MIT yang membuka pendidikan formal di sektor ini. Di MIT kamu bisa mengambil minor Studi Energi.