MEMAHAMI BAGIAN SPEAKING IELTS

Selain IELTS writing, reading, dan listening, IELTS speaking merupakan bagian tes IELTS yang sering membuat peserta gugup. Pasalnya, untuk menghadapi speaking test ini peserta akan berhadapan langsung dengan examiner yang merupakan seorang native speaker. Hal ini membuat peserta gugup lantaran tidak terbiasanya peserta melakukan wawancara langsung secara formal dengan bule. Namun tahu kah teman-teman T-Ners bahwa sebenarnya examiner menginginkan kita, para peserta, untuk dapat menjawab dan menyampaikan opini dan informasi dengan interaktif. Dengan demikian, para peserta diharapkan dapat rileks saat menjawab setiap bagian-bagian pertanyaan speaking IELTS. Perlu dipahami bahwasannya Speaking IELTS Test dibagi menjadi tiga bagian.

Bagian Pertama,

examiner akan memperkenalkan dirinya dan memintamu untuk memperkenalkan dirimu secara singkat dan jelas. Selanjutnya examiner akan menambahkan pertanyaan umum seputar topik keluarga, rumah, pekerjaan, kegiatan belajar, dan juga hobi.

Bagian Speaking IELTS Test kedua,

examiner akan memberikan kartu yang didalamnya berisikan tentang beberapa pertanyaan terkait sebuat topik. Kalian akan diberikan satu menit untuk menuliskan poin-poin yang ingin kalian sampaikan saat menjawab beberapa pertanyaan dalam kartu tersebut. Selanjutnya kalian diberikan waktu 2 menit untuk menyampaikan yang ingin kalian sampaikan terkait topik yang ada pada kartu. Hal yang sangat penting dalam bagian kedua ini adalah manfaatkan waktu dengan baik untuk menyampaikan seluruh poin jawaban yang telah kalian buat. Dan pastikan kalian menyampaikan semua jawaban dalam poin-poin pertanyaan yang ada di kartu dengan baik dan benar.

Bagian ketiga Speaking IELTS Test,

ini sedikit banyak berkaitan dengan bagian kedua. Examiner akan bertanya lebih lanjut tentang topik yang ada di dalam kartu pada bagian kedua. Pertanyaan-pertanyaan bagian ketiga ini cenderung menentunmu dalam sebuah diskusi yang lebih mendalam tentang sebuah topik. Total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan speaking test ini hanya sekitar 12-15 menit saja. Untuk itu manfaatkan waktumu sebaik mungkin dalam menjawab pertanyaan dari examiner ya!

Teman-teman T-Ners akan lebih mudah melakukan tes speaking ini jika sudah sering melakukan latihan-latihan wawancara dengan teman atau mentor. Temukan mentor terbaik kalian di sini untuk membantu meningkatkan skill speaking kalian. Jangan lupa ikuti terus instagram @titiknolenglish untuk informasi program-program terbaik dari Titik Nol English Course ya!