Tipe-tipe Soal Listening IELTS

Apakah kamu sudahmemahami soal IELTS Listening? Ternyata ada banyak macam tipe soal listening IELTS. Dalam tiap tipe soal memiliki instruksi yang berbeda loh! Jika teman-teman T-Ners dapat memahami perbedaanya, pasti kalian bakal lebih mudah dalam menjawab soal-soalnya dengan benar. Lalu, apa saja tipe-tipe soal listening IELTS? Yuk, simak pembahasan dari minol berikut ini!

  • Picking Pictures

Tipe soal listening ini sering diikuti dengan adanya gambar dalam lembar soal. Peserta diminta untuk memilih gambar di dalam booklet soal dan aka nada instruksi untuk melingkari/memilih label pada gambar baik berupa angka maupun huruf. Dalam mengerjakan tipe soal listening IELTS semacam ini, teman-teman T-Ners sebaiknya dapat mengidentifikasi setiap gambar sebelum soal dibacakan. Misalnya, teman-teman dapat mengenali perbedaan tiap gambar, memahami urutan gambar, serta mengamati petunjuk arah jika gambar merupakan sebuah skema ataupun denah suatu lokasi. Setelah mengidentifikasi gambar, teman-teman T-Ners harus menyimak baik-baik soal yang dibacakan. Jika teman-teman T-Ners mengalami kesulitan, keraguan, dan mulai ketinggalan informasi soal, lewati soal tersebut dan berikan tanda pada jawaban yang menurut kalian benar, kemudian tetap focus pada soal selanjutnya.

 

  • Multiple Choice Questions

Soal pilihan ganda. Di dalam booklet soal akan diinstruksikan untuk memilih satu dari opsi yang ada atau bahkan jawabannya bisa lebih dari satu jawaban. Pada soal bertipe pilihan ganda ini, teman-teman T-Ners bisa membaca instruksi soal dengan seksama terkait perintah apakah jawaban yang diperlukan hanya satu pilihan jawaban atau lebih dari satu jawaban. Baca opsi pilihan jawaban yang ada dan mulai bayangkan perkiraan soal yang akan dibacakan. Dengan demikian teman-teman T-Ners dapat mengamati masing-masing jawaban dari tiap soal.

 

  • Short-answer Questions

Sesuai dengan jenis tipe soalnya, soal bertipe short-answer question ini hanya memerlukan jawaban pendek/singkat. Instruksi yang diberikan di dalam booklet akan berisi keterangan agar menuliskan jawaban dengansatu sampai tiga kata saja. Teman-teman T-Ners harus benar-benar memastikan berapa banyak kata yang diinstruksikan dalam soal. Perlu diingat! Jangan menjawab dengan menuliskan kata-kata lebih dari instruksi yang diminta. Misalnya, instruksi jawaban yang diminta hanya dua kata saja yakni ‘smart student’ maka haram hukumnya menjawab ‘a smart student’ karena yang diminta hanya 2 kata saja bukan 3 kata. Tentunya kesalahan kecil ini akan berakibat fatal yang dapat memengaruhi skor IELTS kalian.

 

  • Sentence Completion

Dalam tipe soal ini teman-teman T-Ners diminta untuk melengkapi titik-titik pada suatu kalimat. Instruksi yang akan diberikan di dalam booklet akan berisi keterangan agar melengkapi kalimat dengan kata yang kalian dengar melalui audio. Sebelum memulai menjawab tipe soal seperti ini, lihat keseluruhan soal dan pahami kata sebelum titik-titik jawaban. Kemudian teman-teman T-Ners dapat menyimak baik-baik audio agar dapat menjawab kata yang kosong dalam titik-titik yang diberikan pada suatu kalimat. Biasanya, jawaban yang diberikan akan urut sesuai dengan audio yang diputar.

 

  • Form Completion

Sama halnya seperti tipe soal sentence completion, tipe soal seperti form completion ini meminta agar peserta dapat mengisikan informasi yang kurang dalam sebuah form. Tipe soal ini biasanya muncul pada bagian awal soal listening. Bisa dibilang soal bertipe ini merupakan soal yang paling mudah diantara tipe soal listening lainnya. Untuk menjawab soal bertipe form completion, teman-teman T-Ners dapat membaca soal terlebih dahulu untuk memahami bagian form yang kosong serta memahami kalimat sebelumnya untuk mulai menebak jenis jawaban seperti apa yang akan muncul. Jangan lupa pahami juga instruksi jawaban, misalnya instruksi soal meminta agar peserta menulis jawaban NO MORE THAN 3 WORDS dll. Jawaban dari soal bertipe ini biasanya akan sesuai dengan urutan percakapan atau narasi di audio.

 

  • Chart/Table Completion

Melengkapi informasi dalam sebuah tabel/diagram. Dalam soal bertipe ini aka nada sebuah tabel/diagram dengan informasi yang hilang dan kita diperintahkan untuk mengisinya sesuai dengan audio yang dibacakan. Teman-teman T-Ners harus memahami instruksi jawaban, seperti no more than two words dll. Lihat kategori tabel yang kosong dan amati tabel yang terisi pada kategori yang sama sehingga kalian bisa mulai menebak jenis jawaban apa yang nantinya diminta sebelum audio diputarkan. Dengarkan dengan seksama saat audio diputan dan ikuti alur narasi serta cocokkan dengan setiap kategori yang ada pada tabel atau chart. Biasanya alur narasinya akan berurutan sesuai dengan urutan chart atau tabel pada soal.

 

  • Gap-fill

Dalam soal ini teman-teman T-Ners diminta untuk mengisikan kata yang hilang dalam sebuah kalimat atau paragraph.  Kalian akan diminta untuk mengisi sebuah missing word dalam suatu kalimat atau paragraph dengan ketentuan yang diinstruksikan, missal diisi dengan dua kata, atau tiga angka dll. Seperti pada tipe-tipe soal sebelumnya, yang dapat teman-teman T-Ners lakukan adalah membaca secara sekilas kalimat atau paragraf dengan missing word-nya, dan memprediksikan perkiraan jawaban yang diminta. Kemudian narasi di audio biasanya berupa paraphrasing dari kalimat yang tertera pada kalimat soal jadi jangan terpaku pada kalimat yang ada disoal dan menunggunya untuk diucapkan pada audio melainkan pahami maksud utamanya dan temukan hal yang sama dari narasi yang dibacakan pada audio.

 

  • Diagram Labelling

Pada tipe soal ini peserta diminta untuk memberi label berupa nama kategori ataupun angka pada sebuah diagram yang memiliki beberapa informasi yang hilang. Pahami maksud dari diagram beserta kategorinya, cari kategori yang memiliki informasi disoal dan memiliki bagian yang hilang, bandingkan untuk memprediksi perkiraan jenis jawaban yang diminta. Dengarkan audio dengan seksama serta pahami interpretasi narrator yang membicarakan tentang diagram tersebut. Biasanya akan ada narasi koreksi untuk mengecoh peserta, dengarkan kalimat koreksinya.

Nah, demikian tipe-tipe soal listening yang dapat teman-teman T-Ners ketahui. Pahami masing-masing tipe soal agar kalian dapat dengan mudah mengerjakan tiap soalnya.

Ingin lebih mahir belajar Bahasa Inggris? Belajarnya disini aja titiknolenglish.com dan jangan lupa ikuti terus Instagram @titiknolenglish untuk update informasi-informasi dan tips-tips belajar Bahasa Inggris seru dari Titiknol ya! (-FH-)