Menilai writing IELTS Sendiri

Pada writing IELTS kalian akan mengerjakan dua tipe soal dengan dual embar jawaban yang terpisah dimana kedua lembar ini akan dinilai oleh dua penilai yang berbeda, sehingga penilaianya akan menjadi lebih akurat serta adil. Jika dirasa kedua nilai tersebut terlampau berbeda aka nada penilai ketiga atau keempat untuk menilai tulisan kalian. Jadi jangan khawatir bahwa penilaian tes kalian pasti akan objektif.

Lalu bagaimanasih penilain writing IELTS itu? Bagaimana caranya saat Latihan kita bisa menilai writing kita sendiri?

Nah berikut Langkah yang bisa kalian lakukan untuk menilai writing kalian sendiri.

Pertama, penilaian writing IELTS terdiri dari empat aspek yaitu

  1. Task Response/Achievemnet

Disini yang dinilai adalah ketepatan mengikuti instruksi serta memilih informasi yang tepat untuk menyampaikan ide.

  1. Coherence and Cohesion

Penilaian ini ada pada penyampaian informasi yang jelas serta terstruktur dengan logis. Disini diharapkan peserta untuk memberikan informasi yang jelas dalam hubunganya dengan informasi yang disajikan

  1. Lexical resource

Penilaian pada bagian ini adalah pada kebervariasian kata yang digunakan, penggunaan kata yang berulang atau umum tentu memiliki nilai lebih rendah daripada kata yang spesifik untuk tiap konteks. Seperti kata sentence yang umumnya berarti kalimat dan juga menggunakan sentence dengan arti hukuman pada konteks tertentu.

  1. Grammatical Range and Acuracy

Penilaian dititikberatkan pada wawasan serta kemamouan peserta dalam menggunakan kalimat sederhana dan majemuk.

Lebih detail kalian dapat melihat ilustrasi penilaian dengan band descriptor berikut dan membandingkan tulisan kalian dengan deskripsi list dari masing-masing kriteria.

 

Secara umum yang diketahui adalah penilaian writing IELTS menggunakan pembulatan kebawah sehingga jika jika kalian memiliki rata-rata dari tiap aspek dan part 1 serta 2 adalah 6.75 maka pembulatanya menjadi 6.5 tidak menjadi 7. Selanjutnya nilai dari task 2 adalah dua kali dari nilai task 1.

Secara singkat pertama nilailah masing-masing kriteria dari tulisan kalian pada task 1 dan 2. Selanjutnya buatlah rata-rata nilai dari masing-masing task. Penentuan nilai rerata final adalah dengan hitungan :

(Task 2 x 2) + Task 1 / 3

contoh Task 2 = 7.0, Task 1 = 6.5 à 7.0 x 2 + 6.5 = 20.5/3 = 6.833 maka nilainya writing finalnya adalah 6.5

Tetapi pada kenyataanya tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana algoritma penilaian dari dua penilai kita hingga menjadi final score kita, karena itu dikalkulasi secara otomatis pada computer dan mungkin hanya seseorang di Cambridge yang membuat penilain test ini yang benar-benar tahu.

So, persiapkan dengan baik semua subjek yang akan diujikan pada IELTS Test. Kalian bisa bergabung dengan kami di Titik Nol English Course untuk persiapan terbaik kalian sebelum menghadapi Real-Test. Selain menyediakan program offline, Titik Nol English juga menyediakan Program Kelas Online yang dapat kalian akses dari manapun dengan jadwal yang fleksible. Jangan lupa untuk follow Instagram Titik Nol English di @titiknolenglish untuk update terbaru promo ataupun beasiswa dari Titik Nol English Course.