Chief Financial Officer (CFO)

Memiliki kedudukan yang sejajar dengan CEO dan COO, CFO adalah pimpinan perusahaan yang bertanggung jawab terhadap segala hal di bidang keuangan. Hal itu meliputi perencanaan keuangan, pencatatan, hingga administrasi perusahaan. Seorang CFO juga harus bisa menganalisis kekuatan finansial perusahaan dan melakukan perencanaan keuangan. Sebagai salah satu jabatan tertinggi di sebuah perusahaan, gaji yang diterima seorang CFO bisa mencapai Rp 500 juta per bulan.

Rekomendasi jurusan jika ingin menjadi CFO:

  • Finance – Massachusetts Institute of Technology
  • Accounting and Finance – London School of Economics

Marketing Director

Kesuksesan setiap perusahaan tentu bergantung kepada teknik pemasaran yang digunakan. Marketing Director bertanggung jawab terhadap pengembangan strategi pemasaran dengan mempelajari indikator ekonomi, identifikasi kebutuhan pelanggan, pemantauan kompetisi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pekerjaan ini dianggap sebagai pekerjaan yang sangat krusial, maka tak heran jika para pemegang tanggung jawab ini diupahi dengan nominal yang besar, yaitu berkisar di angka maksimal Rp 350 juta per bulan.

Rekomendasi jurusan jika ingin menjadi Marketing Director:

  • Marketing – University of Pennsylvania
  • Business Administration – Harvard University

Head of Human Resources (HR)

Demi menjamin kualitas para pekerja, setiap perusahaan pasti memiliki divisi Human Resource (HR). HR merupakan divisi yang mengurus dan mengelola sumber daya manusia di suatu perusahaan mulai dari perekrutan hingga masa pensiun. Maka dari itu, tugas dari Head of HR adalah menuntun anggota divisinya untuk bisa bekerja dengan baik dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Posisi ini dinobatkan sebagai salah satu pekerjaan dengan upah terbesar di Indonesia, mencapai Rp 150 juta per bulan.

Rekomendasi jurusan jika ingin menjadi Head of HR:

  • Communication – University of Amsterdam
  • Psychology – Harvard University/Stanford University

Legal Director

Secara fungsional, Legal Director memiliki peran yang sangat krusial terhadap keberlangsungan perusahaan, terutama di bidang operasional. Tugas Legal Director adalah memimpin para anggota timnya untuk membantu perusahaan mendapat perizinan operasional secara legal, juga memastikan bahwa segala kegiatan maupun tindakan perusahaan tidak melanggar hukum yang berlaku. Gaji seorang Legal Director di perusahaan-perusahaan besar bisa mencapai Rp 110 juta rupiah, menjadikannya sebagai salah satu profesi dengan gaji terbesar di Indonesia.

Rekomendasi jurusan jika ingin menjadi Legal Director:

  • Stanford Law School
  • Faculty of Law – University of Cambridge