SKOR TINGGI PADA LISTENING IELTS

Gimana cara dapat skor tinggi pada listening IELTS? Sama halnya dengan reading IELTS test, materi pada listening IELTS test ini merupakan materi yang mudah untuk dipelajari loh!. Kunci utamanya yakni dengan memperbanyak latihan listening dan juga menjawab soal-soalnya. Tapi, tahukah teman-teman T-Ners bahwa ternyata dalam soal listening IELTS ada beberapa tipe soal loh!. Dalam setiap tipe soal memiliki instruksi yang berbeda. Jika kamu memahami instruksi tersebut pasti kamu bakalan lebih mudah untuk menjawab soal-soalnya.  Yuk kita kepoin satu-satu!

1. Picking Pictures

Memilih gambar didalam booklet. Pada soal akan ada instruksi untuk melingkari atau memilih label pada gambar baik berupa angka atau huruf. Dalam mengerjakan soal bertipe ini, minol sarankan agar kalian dapat identifikasi setiap gambar sebelum soal dibacakan. Kemudian dapat dengan mencari perbedaannya, memahami urutan serta mengamati penunjuk arah. Jika gambar merupakan sebuah skema ataupun denah suatu lokasi, lewati soal jika ragu dengan jawabanmu dan berikan tanda pada jawaban tebakanmu. Jika disoal selanjutnya gambar lain telah terpilih dan menyisakan soal yang kamu lewati, kamu bisa menebak pilihanmu sebagai jawabanya.

2. Multiple Choice Questions

Soal pilihan ganda di dalam booklet. Pada soal akan diinstruksikan untuk memilih salah satu dari opsi yang ada atau bahkan jawaban bisa lebih dari satu. Hal yang harus kalian lakukan adalah membaca instruksi dengan seksama terkait perintah untuk memilih jawaban. Apakah hanya satu pilihan atau lebih dari satu. Selanjutnya, baca opsi yang ada dan mulai bayangkan perkiraan soal yang akan dibacakan. Lalu, amati masing-masing jawaban dan temukan persamaan atau perbedaannya.

3. Short-answer question

Soal dengan jawaban pendek. Instruksi yang diberikan di dalam booklet akan berisi keterangan agar menuliskan jawaban dengan tiga kata saja. Pastikan berapa banyak kata yang diinstruksikan dalam soal, dan jangan menjawab lebih dari kata yang diminta. Misal jawaban yang diminta hanya dua kata saja yakni ‘smart student’ maka haram hukumnya menjawab ‘a smart student’ karena yang diminta hanya 2 kata saja bukan 3 kata. Jangan sampai salah ya! Jenis soal ini sering menjadi andalan untuk mendapatkan skor tinggi pada listening IELTS.

4. Sentence Completion

Melengkapi suatu kalimat. Instruksi yang diberikan di dalam booklet akan berisi keterangan agar melengkapi kalimat dengan kata yang kalian dengar melalui audio. Sebelum memulai menjawab soal dengan instruksi seperti ini, lihat keseluruhan soal dan pahami kata sebelum titik-titik jawaban. Lalu simak baik-baik audio tersebut dengan baik untuk menjawab kata yang kosong dalam soal-soal di dalam kalimat. Biasanya jawaban akan urut sesuai dengan audio yang diputar.

Bagaimana? Sudah paham dengan tipe soal listening IELTS kan? Jika sudah paham, jangan lupa untuk terus melatih skill listening teman-teman dengan mengerjakan soal ya. Dengan begitu skor tinggi pada listening IELTS bukanlah mustahil. Ada banyak sekali contoh soal dan juga buku-buku latihan soal IELTS yang bisa kalian jadikan acuan seperti IELTS Cambridge Books 1-13. Dengan mengikuti dan memahami step diatas, minol jamin skor listening teman-teman pasti bagus! Semangat belajar dan jangan berhenti berlatih ya!

Tapi, bagi teman-teman T-Ners yang masih membutuhkan bantuan minol, jangan khawatir! Karna minol pasti punya solusi. Temukan mentor terbaik kalian di sini untuk membantu meningkatkan skill speaking kalian. Jangan lupa ikuti terus instagram @titiknolenglish untuk informasi program-program terbaik dari Titik Nol English Course ya!