SKOR TINGGI PADA SPEAKING IELTS

Gimana sih cara dapat skor tinggi pada Speakign IELTS? Speaking dengan seorang native speaker memang sering kali membuat teman-teman yang belum terbiasa menjadi grogi. Bahkan kadang bisa sampai lupa artinya yang menjadikan percakapannya ngga nyambung ngalor-ngidul. Tapi dengan berlatih dan juga sering praktik menggunakan Bahasa Inggris, pasti perlahan dapat mengatasi rasa nervous yang sering menghantui. Tapi, meski sudah banyak latihan, tetap saja loh kadang ada aja kurangnya saat Speaking Test berlangsung. Yuk, kita simak beberapa tips agar teman-teman tetap bisa lancar dan mendapat skor tinggi saat speaking IELTS berlangsung dan bisa raih nilai yang memuaskan.

  1. Be Confident alias percaya diri.

Sikap kurang percaya diri ini menjadikan peserta tidak berani untuk berbicara dengan lantang dan jelas saat menghadapi Speaking Test. Biasanya ketidakpercayaan diri ini disebabkan oleh aksen yang digunakan peserta kurang ‘keminggris’. Hal ini menyebabkan penguji tidak mendengar dengan jelas apa yang sudah disampaikan oleh peserta sehingga dapat mengurangi nilai pada pronunciation ataupun fluency and coherence nya. Jadi, sebisa mungkin berbicaralah dengan lantang dan tegas saat speaking test.

  1. Perbanyak kosakata Bahasa Inggris

Sering kali kita tanpa sadar menggunakan kata yang itu-itu saja. Kosakata yang digunakan terlalu monoton. Misalnya saat akan menyampaikan “saya sangat senang” dalam bahasa Inggris yang digunakan hanya “I am very happy” saja. Padahal kita bisa menggunakan kata excited, glad, pleased, dll untuk mengganti kata happy. Eits, tapi banyaknya kosakata saja tidak cukup ya, karna kalian juga perlu menggunakan nomenklatur yang tepat dalam penggunaan pada kalimat yang ingin kalian sampaikan.

  1. Perhatikan manajemen waktu saat menjawab soal

Ingat! Pada tiap bagian speaking test, kalian memiliki waktu yang terbatas untuk berbicara. Manajemen waktu yang sering kurang menjadi perhatian adalah pada IELTS Speaking Test part 2. Ketika sudah asyik menceritakan alur peta cerita yang sudah dibuat, seringnya peserta lupa kalau ada unsur-unsur pertanyaan dalam IELTS Speaking Test part 2 yang belum tersampaikan. Tentu saja hal ini akan barakibat fatal pada penilaian speaking test.

  1. Sampaikan jika kamu tidak paham dengan soal yang ditanyakan

Tahu ngga sih? kalau kalian tidak memahami pertanyaan penguji saat speaking test berlangsung, kalian bisa bertanya loh tentang maksud dari pertanyaannya. Daripada salah tangkap dengan pertanyaan yang diberikan, lalu kalian menjawab panjang lebar yang bikin tidak nyambung dengan soal, lebih baik kalian tanya maksud dari pertanyaan yang disampaikan penguji. Eits, tapi jangan kemudian malah terus-terusan nanya ya, bisa-bisa kita dianggap tidak qualified enough untuk mengikuti tes kemampuan bahasa inggris, hehe.

Dengan beberapa tips yang minol berikan diatas, semoga dapat memberikan manfaat dan membantu teman-teman dalam meraih skor IELTS yang memuaskan ya! Dan bagi teman-teman T-Ners yang masih membutuhkan bantuan minol, jangan khawatir! Karna minol pasti punya solusi. Temukan mentor terbaik kalian di sini untuk membantu meningkatkan skill speaking kalian. Jangan lupa ikuti terus instagram @titiknolenglish untuk informasi program-program terbaik dari Titik Nol English Course ya!