Emang bisa sukses, belajar IELTS mandiri tanpa kursus?! Tentu Bisa dooong!

Mungkin bagi kita yang Bahasa Inggris-nya just so so pasti takut untuk memulai belajar IELTS secara mandiri. Tapi apa salahnya mencoba? Dengan ketekunan, kemauan, niat dan tekad yang kuat pasti bisa kok!

Minol kasih tahu rahasia-rahasia sukses belajar IELTS secara mandiri ya! Simak baik-baik ya

SUSUN JADWAL

SUKSES BELAJAR IELTS MANDIRI

Langkah awal yang bisa teman-teman T-Ners adalah menyusun jadwal dari target belajar. Menurut sebuah studi untuk menaikkan satu skor IELTS dibutuhkan sedikitnya 220 jam belajar. Kalkulasikan kebutuhan belajar teman-teman dalam satu hari selama 1-2 bulan untuk belajar IELTS (sesuaikan dengan kemampuan awal dan target nilai yang ingin teman-teman capai). Misalnya dalam simulasi awal tes IELTS teman-teman telah berhasil mendapatkan skor IELTS secara keseluruhannya adalah 5.0, maka idealnya waktu belajar  yang dibutuhkan untuk mencapai skor 7.0 adalah kurang lebih 440 jam belajar atau sama dengan 10 jam perhari selama kurang lebih 1,5 bulan.

Setelah mengetahui berapa kebutuhan waktu untuk belajar, maka mulailah dengan membagi waktu tersebut dengan menyusun jadwal belajar mingguan. Dalam minggu pertama mungkin teman-teman bisa memulai dari belajar teori-teori dan latihan-latihan soal listening IELTS terlebih dahulu. Kemudia dilanjutkan minggu kedua dengan mempelajari  teori-teori dan soal-soal latihan reading IELTS. Minggu ketiga mempelajari tentang soal-soal writing dan latihan menulis secara akademis menggunakan Bahasa Inggris. Minggu keempat mempelajari contoh-contoh soal speaking dan latihan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Setelah mempelajari keempat komponen soal IELTS, maka diminggu kelima dan keenam teman-teman bisa mencoba latihan IELTS simulation test dari buku-buku IELTS setiap hari dan mengoreksi hasil kerja teman-teman secara mandiri. Saat terbiasa mengoreksi hasil jawaban teman-teman, secara tidak langsung aktifitas ini akan melatih teman-teman dalam mengetahui titik kelemahan teman-teman dalam menjawab soal-soal IELTS. Dengan demikian, teman-teman dapat melakukan evaluasi dan mempelajari ulang tipe-tipe soal yang menurut teman-teman sulit.

PILIH SUMBER BELAJAR YANG TEPAT

SUKSES BELAJAR IELTS MANDIRI

Sumber belajar IELTS sangatlah banyak. Mulai dari artikel terkait IELTS, contoh-contoh soal, buku-buku IELTS,  dan juga video tentang IELTS sudah bertebaran di dunia maya. Pilihlah sumber belajar yang disertai jawaban dan di desain untuk belajar mandiri. Salah satu buku yang minol rekomendasikan adalah The Official Cambridge Guide to IELTS. Di dalamnya terdapat banyak teori-teori dan contoh-contoh soal IELTS yang bisa teman-teman gunakan untuk latihan. Selain itu, video-video pembelajaran IELTS juga penting untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita. Teman-teman T-Ners bisa belajar dengan video learning Titik Nol sebagai alternatif bahan belajar mandiri di rumah. Berbagai tips menarik tentang IELTS juga bisa teman-teman jumpai di Instagram Titik Nol English Course, jadi teman-teman wajib follow ya di @titiknolenglish

PERBANYAK LATIHAN

Practice makes perfect! Semakin sering kita melakukan latihan soal, maka semakin familiar kita menghadapi berbagai jenis soal yang ada pada tes IELTS. Disamping itu pemahaman kita terhadap jenis-jenis soal dan tata cara mengerjakannya pun pasti akan semakin baik. Jadi, perbanyak latihan dan menjawab contoh-contoh soal ya! Jika memang teman-teman masih ragu untuk belajar sendiri, boleh lho teman-teman gabung diberbagai program yang tersedia di Titik Nol English Course  disini teman-teman bisa mengikuti program private online yang biasa menyesuaikan jadwal kalian lhoo yuk kepoin programnya (-FH-)