Tembus Skor Writing IELTS (Part 1)

Menurut data yang ada, nilai rata-rata skor terendah para peserta test IELTS ada pada subjek writing. Berikut mimin coba berikan tips untuk tembus skor writing IELTS sesuai yang kita kinginkan khususnya untuk Writing IELTS part 1.

  1. Pahami apa yang akan kalian lihat pada soal

Pada bagian ini kalian diminta untuk mendeskripsikan apa yang kalian lihat pada lembar soal. Tulis dengan sedikitnya 150 kata dan jangan menghabiskan waktu lebih dari 20 menit pada bagian ini. apa yang akan kalian lihat pada bagian ini antara lain

  1. Grafik garis
  2. Grafik balok
  3. Grafik lingkaran
  4. Sebuah table
  5. Sebuah skema atau proses
  6. Sebuah peta

Pelajarilah semuanya mengingat setiap test akan diacak tipe mana yang akan dimunculkan. Belajarlah merangkum hasil bacaan grafik ataupun diagram tersebut menggunakan bahasa kalian sendiri.

  1. Pahami apa yang perlu kalian lakukan dengan soal yang kalian dapat

Tidak peduli apapun tipenya, semua tipe soal pada IELTS part 1 menghendaki kalian untuk merangkum informasi dengan memilih dan menuliskan kata kunci pada soal serta membuat perbandingan.

Kuncinya adalah jangan hanya membuat list perbandingan, melainkan lakukan identifikasi dan deskripsikan trendnya. Selanjutnya, jangan deskripsikan semua yang kalian lihat, melainkan pilih data atau trend yang merepresentasikan dari grafik ataupun gambar yang ada. Latihlah kemampuan menganalisis sebuah data dengan mengelompokan berdasarkan trendnya.

  1. Jangan buang-buang waktu pada Task 1

Hanya alokasikan 20 menit maksimal untuk part ini, karena total nilai writing yang kalian dapat pada part ini hanya 30% disbanding dengan part selanjutnya.

Kalian dapat membagi waktu kalian sebagai berikut

  1. 2 – 3 menit untuk perencanaan terkait apa yang akan kalian bahas
  2. 10 – 15 menit untuk menulis jawaban, jangan tambahkan ide-ide baru ditengah-tengah proses menulis
  3. 2 -3 menit mengoreksi dari tulisan baik ejaan maupun grammar.
  4. Rencanakan struktur penulisan serta bahasa yang digunakan

Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan membaca judul kemudian pilih ide pokok atau bagian utama yang perlu kalian tulis. Misal sebuah trend atau perbandingan dan berikan alasan mengapa itu ide utama dari grafik atau gambar tersebut. Selanjutnya membuat pembukaan dan badan paragraph dari ide yang sudah kalian dapat. Pastikan deskripsikan secara terstruktur.

Selanjutnya perhatikan penggunaan kata dalam penulisan, jangan gunakan kata-kata yang sama secara berulang. Gunakanlah kata-kata dan juga struktur kalimat yang bervariasi. Gunakan kalimat yang bervasiasi pula serta jangan lupa perhatikan tenses atau pemilihan waktunya.

So, persiapkan dengan baik semua subjek yang akan diujikan pada IELTS Test. Kalian bisa bergabung dengan kami di Titik Nol English Course untuk persiapan terbaik kalian sebelum menghadapi Real-Test. Selain menyediakan program offline, Titik Nol English juga menyediakan Program Kelas Online yang dapat kalian akses dari manapun dengan jadwal yang fleksible. Jangan lupa untuk follow Instagram Titik Nol English di @titiknolenglish untuk update terbaru promo ataupun beasiswa dari Titik Nol English Course.