Gimana sih caranya agar Aku bisa belajar online secara efektif?

Yuk Simak tips belajar online selama pandemi berikut ini!

Di masa pandemi COVID-19, belajar dan bekerja dilakukan secara online dari rumah dan menjadi salah satu inisiatif yang secara bijak diambil pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus. Tetapi, untuk sebagian orang, proses belajar secara online merupakan sebuah hal yang tidak mudah dilakukan. Tentu saja hal ini bisa berdampak pada prestasi akademik.

Jika Kamu atau anggota keluarga adalah salah satu yang mengalami permasalahan ini, jangan khawatir! Simak tips belajar online selama pandemi COVID-19 berikut ini!

  1. Siapkan Ruangan Khusus Belajar yang Nyaman dan Tenang

Kenyamanan tentu saja menjadi faktor pendukung utama bagi kelancaran belajar online di rumah. Oleh karena itu, tips belajar online selama pandemi COVID-19 yang pertama ini adalah dengan menyiapkan tempat khusus untuk digunakan belajar. Sebaiknya, pilih ruangan di luar kamar tidur.

  1. Batasi Penggunaan Handphone

Handphone dapat dikatakan sebagai penganggu yang cukup besar dalam proses belajar online selama pandemi. Maka dari itu, pastikan handphone Kamu dalam keadaan silent/mute atau matikan notifikasi. Dengan begitu, Kamu tidak akan membuka handphone saat sedang belajar.

  1. Dengarkan Lagu Kesukaan

Tips ini didasari oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa saraf otak manusia bekerja semakin aktif ketika mendengarkan musik. Sinyal listrik yang dihasilkan musik akan merangsang hubungan antara otak kiri dan kanan secara bersamaan. Hal inilah yang nantinya akan mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan kognitif, memori, serta emosional, sehingga membuat suasana hati atau mood Kamu akan terasa lebih baik serta fungsi kognitif otak, terutama daya ingat, lebih meningkat.

  1. Susun Jadwal

Jadwal belajar adalah salah satu hal penting untuk memastikan keefektifan belajar selama di rumah tanpa ada jadwal yang jelas setiap harinya. Hal yang perlu diingat adalah istilah “quality over quantity” atau dengan mementingkan kualitas kegiatan dibandingkan kuantitasnya.

Percuma saja jika Kamu memadatkan banyak hal untuk dipelajari dalam satu hari, namun kegiatan belajar malah tidak efektif. Jadi, pastikan tiap pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam jadwal belajar bisa dipelajari semaksimal mungkin, dan jangan terlalu terburu-buru pindah ke materi lainnya hanya karena ingin cepat menyelesaikan waktu belajar.

Titik Nol English Course adalah lembaga kursus yang punya jadwal kelas online yang sangat efektif untuk belajar dari rumah. klik sini sehingga kamu bisa belajar dengan fokus dan berkualitas.

  1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sebelum mulai belajar, pastikan dulu bahwa koneksi internet di rumah sudah stabil. Tidak perlu terlalu cepat, yang penting proses belajar berupa video conference atau yang lainnya dapat berjalan lancar. Apabila koneksi internet terkendala, tentu saja proses belajar juga akan terganggu.

  1. Siapkan Camilan dan Minuman

Untuk membuat Kamu tetap fokus selama belajar, menyiapkan minuman dan camilan yang cukup juga bisa dijadikan salah satu tips belajar online selama pandemi. Pasalnya, belajar sambil sesekali menikmati camilan favorit bisa membuat momen belajar jadi makin semangat dan fokus.

Itulah tadi beberapa tips belajar online selama pandemi di rumah. Selain itu, hal terpenting  yang perlu diingat adalah untuk menjauhkan segala pikiran negatif yang bisa menjauhkan Kamu dari keinginan belajar. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri dan pikiran sebelum mulai proses belajar agar hasilnya makin efektif.

Salam Hangat dari Titik Nol Englsih Course