Tips Mendapatkan Score IELTS tinggi

Tips Meningkatkan Score IELTS tinggi pada masing-masing part

IELTS adalah test proficiency yang disyaratkan oleh kampus-kampus luar negeri dan provider beasiswa bagi calon mahasiswa dari warga negara asing.

Jika kamu memiliki impian untuk melanjutkan studi ke luar negeri maka hal pertama yang harus kamu siapkan terlebih dulu adalah sertifikat IELTS yang mencukupi target score.

Apakah test IELTS sendiri ini sangat sulit? Jawabannya adalah relative. Pada intinya score IELTS ini bisa ditargetkan dengan score yang tinggi tentunya dengan niat dan semangat yang tinggi dalam belajar dan memperbanyak simulasi test IELTS

Pada kesempatan kali ini Minol ingin berbagi tips bagaimana kita bisa mencapai band score 7 dalam Official test IELTS. Kita bahas satu persatu dari partnya ya.

Listening Section
Pada bagian ini, hal yang paling susah adalah fokus, karena audio daalam Listening IELTS cukup lama. Belum lagi pembicara tidak hanya akan berbicara dengan aksen Inggris atau Amerika tapi juga China, Spanyol dan lain sebagainya. Jadi, fokus menjadi hal penting di sini.
Tips utama dalam meningkatkan score IELTS pada bagian listening ini adalah dengan berlatih menuliskan transkrip video-video di youtube atau audio dari buku Cambridge English IELTS. Jika kamu bisa dan benar menuliskan transkripnya, maka tidak akan ada masalah pada sesi listening ini.

Reading Section
Pada bagian reading, kamu akan diberikan tiga bacaan essay yang kebanyakan berkutat pada masalah ilmu alam dan sosial.
Hal mendasar yang harus kalian pahami pada bagian ini adalah adanya instruksi pertanyaan dengan jawaban true, false, dan not given. Kebanyakan peserta berimajinasi liar ketika menjawab pertanyaan ini, padahal jawaban yang sesungguhnya sudah tertera pada text. Jika tidak ada di bacaan, jawablah dengan not given walaupun kenyataannya true.

Saran yang bisa Minol kasih ke kamu adalah banyak- banyak menguasai vocabulary (kosa kata) level B dan C, dijamin kamu bisa melibas bagian ini dengan mudah. Lalu bagaimana caranya? yaitu dengan banyak membaca artikel yang berbahasa Inggris seperti BBC News, The Economist, dll. Kemudian catat vocabulary yang tidak kamu ketahui.

Writing Section
Writing bagi kebanyakan orang Indonesia merupakan bagian tersulit dalam test IELTS ini. Peserta diberikan tugas untuk menulis dua essay. Esai bagian pertama adalah esai deksriptif. Kita diminta untuk menjelaskan sebuah gambar, grafik, peta, atau sebuah proses kerja.
Lalu, bagian kedua adalah esai yang sifatnya opini. Di sini Anda akan diminta menulis soal pendapat pribadi atas suatu isu. Synonim dan pharaphrasing sangat disarankan dalam penulisan di bagian ini.

Speaking section terdiri dari dari 3 bagian. Bagian pertama, pertanyaannya adalah seputar diri kita, tempat tinggal, hobi dan lain sebagainya.
Bagian kedua akan diberikan sebuah topik. Topik ini juga seputar persoalan keseharian, seperti makanan kesukaan, dll. Peserta akan diberi que card dan waktu untuk berfikir sejenak,
Bagian ketiga adalah diskusi. Penguji akan memberikan beberapa pertanyaan dan Anda harus dapat langsung meresponsnya.
Cara mendapat nilai maksimal pada bagian ini adalah dengan memberikan variasi jawaban menggunakan adjective, idiom, dan noun dengan benar.

Saran yang bisa diberikan disini adalah sering-seringlah praktik speaking dengan teman kamu. Atau kamu bisa berbicara sendiri dan merekam suara kamu sehingga kamu bisa evaluasi kekurangan-kekuranganmu.

Jika kamu tipe orang yang dalam belajar membutuhkan guide, Titik Nol bisa menjadi salah satu tempat belajar yang kamu butuhkan dengan didampingi tutor yang sudah berpengalaman mengajar IELTS. Untuk tahu lebih lanjut program-programnya klik disini yuk.

Mau tahu informasi seputar beasiswa, klik disini